Tentang Saya

Saya Martina, seorang ibu tunggal atau single mother dari seorang anak perempuan berusia 12 tahun yang saat ini duduk di kelas 1 SMP. Kami tinggal di sekitar area Cibubur, bagian Jakarta coret alias sudah tidak masuk wilayah Jakarta melainkan Kab. Bogor 🙂 . Sudah hampir 2 tahun terakhir ini pekerjaan saya sehari-hari di rumah menghadap komputer 🙂 , saya seorang trader pasar berjangka untuk valuta asing atau forex.

 

Aktivitas sehari-hari saya memonitor charts trading di PC 

Pendidikan formal terakhir saya adalah Strata Satu dari Fakultas Kesehatan Masyarakat – Universitas Indonesia, pada penjurusan keselamatan dan kesehatan kerja (Occupational safety and health). Saya sempat bekerja sebagai seorang flying nurse atau perawat emergency yang ditempatkan di remote areas di beberapa wilayah Indonesia, untuk perusahaan-perusahaan tambang seperti Newmont  Nusa Tenggara, Kaltim Prima Coal di Sangatta Kalimantan Timur, pernah juga di sebuah resort yg bernama Amanwana di Sumbawa kecil, dan beberapa tempat seru lainnya. Setelah punya anak saya bekerja sebagai marketing property atau agent property di sekitar area Cibubur. Saya memilih pekerjaan ini karena dekat dengan rumah dan waktu kerja nya yang fleksibel, sehingga saya tetap bisa sambil mengurusi anak. Saya bekerja sebagai marketing property sekitar 4 tahun, lalu saya membuka usaha agent property saya sendiri sampai dengan tahun lalu (2017).

Saya ingin menyampaikan bahwa kita bisa menjalani pekerjaan apapun kalau kita memiliki semangat dan keinginan untuk mempelajarinya, meskipun pekerjaan tersebut tidak linear atau tidak berhubungan dengan background pendidikan formal kita. Dengan bekerja di beberapa bidang atau jenis usaha yang berbeda bisa menjadi nilai tambah dan memperkaya pengetahuan dan kemampuan kita. Tentu saja ada nilai plus dan minus nya. Apabila kita bekerja di bidang yang linear dengan background pendidikan formal maka kita akan lebih cepat beradaptasi, dan semua pengetahuan selama masa perkuliahan bisa diaplikasikan di dalam dunia kerja kita. Ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan juga, apalagi kalau kita memiliki idealisme dari sejak masa perkuliahan.

Namun apapun itu pekerjaan atau pilihan hidup yang kita jalani yang terpenting adalah we’re enjoying it, kita menikmati apa yang kita kerjakan, sehingga kita menjalaninya dengan hati senang. Pekerjaan kita memakan prosentase waktu yang sangat besar dalam hidup kita, bahkan bisa lebih besar dari prosentase waktu untuk anak dan keluarga. Masa iya? Coba deh mulai menghitung-hitung jam kerja dalam seminggu, dari usia berapa, dan seterusnya 🙂 . Jangan sampai kita menjalani sesuatu yang tidak kita sukai dan membuat kita stress bertahun-tahun, tidak cukup waktu berbuat lebih banyak untuk anak-anak kita, untuk sesama manusia, sesama makhluk hidup. Dan selagi kita masih punya waktu mari kita mulai melatih anak-anak kita sejak dini untuk selalu peduli terhadap sesama makhluk hidup, lingkungan, dan bumi ini. Kita latih anak-anak kita untuk menguatkan rasa empati dalam diri mereka agar menjadi manusia-manusia yang peduli. Kualitas manusia yang peduli lah yang dibutuhkan bumi saat ini, let’s save the earth 🙂