Magic Info

TIGA SATWA MASKOT INDONESIA

Wajib Tahu! Tiga Satwa Yang Menjadi Maskot Indonesia

Komodo yang hanya ada di Indonesia (© The Sun)

1. Komodo sebagai Satwa Nasional

Tentunya sudah banyak masyarakat Indonesia yang tahu dengan hewan satu ini. Varanus Komodoensis, hanya terdapat di Indonesia tepatnya di Pulau Komodo.  Satwa yang sangat identik dengan Indonesia ini dijadikan sebagai ikon satwa nasional bangsa Indonesia. Faktanya, komodo pun merupakan hewan yang akan jinak dengan orang yang ia kenali. Tergolong dalam jenis reptil, ternyata komodo adalah hewan yang tidak bisa mendengar. Maka dari itu, komodo akan agresif jika ia melihat orang yang tidak ia kenali. Jadi tetap hati-hati ya dengan hewan yang satu ini!

 

Ikan Siluk Merah (© biodiversitywarriors)

2. Ikan Siluk Merah sebagai Satwa Pesona

Ikan hias yang lebih sering dikenal dengan nama Ikan Arwana ini ternyata merupakan salah satu maskot Indonesia. Ikan yang terancam punah ini nyatanya dilindungi oleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No 716/kpts/ um/10/1980, SK Direktorat Jenderal PHPA Np.07/ kpts/DJ-VI/1988 dan Instruksi Direktorat Jenderal Perikanan No.IK-250/ D.4.2955/83K. Mulai tahun 1995, Arwana (Siluk Merah) yang boleh diperdagangkan hanya yang berasal dari budi daya dan merupakan generasi kedua, yakni yang berasal dari penangkaran.

 

Elang Jawa (© Satu Jam)

3. Elang Jawa sebagai Satwa Langka

Salah satu burung kebanggaan bangsa, jumlahnya yang kini hanya ada 600 di Pulau Jawa menjadikannya sebagai satwa langka. Salah satu hal yang menyebabkan hewan ini menjadi sangat langka yakni dikarenakan Elang Jawa Betina hanya dapat bertelur sebanyak dua tahun sekali. Selain faktor tersebut, lama penetasan telur elang jawa juga tergolong sangat lama. Telur baru menetas di hari ke 40-50 setelah dierami.

(Source: goodnewsfromindonesia.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *