Magic Info

CARA MEWARNAI GRADASI DENGAN CRAYON / OIL PASTEL

Source: Youtube Susi Art and Drawing.

Pada Magic Info kali ini kita berbagi untuk anak-anak yang hobby menggambar dan mewarnai yuk 🙂

Kita bahas teknik sederhana mewarnai dengan crayon atau oil pastel.  Sebenarnya cara atau dasarnya hampir sama ketika kita menggunakan pensil warna, yang membedakannya hanya tools dan teksturnya saja. Berikut tahapannya:

1. Blocking

Blocking adalah salah satu teknik populer sebagai cara mewarnai gambar dengan crayon. Bagaimana caranya? Caranya dengan memblok bidang gambar menggunakan warna tertentu dengan cara menyapunya secara halus.

Contohnya kamu akan mewarnai daun, maka untuk mewarnainya kamu dapat  menyapukan warna hijau muda atau kuning untuk memblocking gambar daun tersebut.

2. Gradasi

Teknik selanjutnya adalah gradasi. Setelah proses blocking selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melapisi bagian yang sudah diblok tersebut dengan warna lain yang masih seirama dan bertingkat.

Misalnya, kita dapat melapisi warna daun tersebut dengan warna hijau tua atau warna hijau lainnya. Inti teknik ini adalah membuat efek daunnya dengan gelap terang yang apik.

Teknik seperti ini dilakukan dengan cara mendahulukan warna yang gelap dahulu kemudian mentransisikannya dengan warna yang lebih muda atau terang. Agar gambar yang dihasilkan lebih hidup. Anak dapat mengeksplor kreatifitas mereka dalam memadukan warna-warna yang digunakan.

Catatan:  susunan cat crayon yang kita beli memang sudah disusun berdasarkan tingkat warnanya. Jadi, usahakan setelah menggunakannya diletakkan kembali sesuai dengan asal tempat pertamanya.  Ini akan memudahkan kita ketika akan menyusun gradasi warna.

3. Mixing

Kemudian, langkah mewarnai dengan crayon selanjutnya yaitu teknik mixing atau pencampuran. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan warna lebih. Ada dua teknik mixing yang bisa dicoba, setiap teknik dapat disesuaikan dengan kebutuhan gambar.

Pertama teknik goresan linear dan kedua teknik goresan circular. Goresan linear biasanya digunakan saat mewarnai gambar langit, berupa goresan garis-garis. Goresan circular berupa goresan melingkar, biasanya saat mewarnai objek yang berbentuk lingkaran atau cenderung membulat.

4. Finishing

Langkah akhir atau langkah penutup mewarnai dengan crayon yaitu finishing. Teknik ini digunakan untuk menghaluskan warna pada bagian-bagian yang masih belum sempurna.

Di tahap ini kita bisa menambahkan aksen-aksen pelengkap untuk menambahkan kesan pada gambar kita sehingga menjadi lebih menarik.

5. Scrabbing

Tahap tambahannya kita dapat melakukan teknik scrabbing atau pengerokan. Apa itu scrabbing? yaitu mengerok bagian tertentu dari gambar dengan menngunakan scrabber untuk penyempurnaan. Biasanya pada crayon tertetu sudah disertakan juga alat scrab nya.

Sebenarnya tahap ke-4 sudah dapat dikatakan selesai. Tahap 5 ini hanya tambahan saja untuk lebih merapihkan kondisi gambar.

Source: blog.enportu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *