Magic Info

LION AND TIGER HYBRID (LIGER)

Liger merupakan spesies baru yang terlahir dari persilangan antara Singa Jantan dengan Harimau Betina. Ini adalah persilangan antara dua ekor hewan yang satu genus (Panthera) tetapi beda spesies (Singa = Panthera Leo sedangkan harimau = Panthera Tigris).
Liger berbeda dengan Tiglon, meski sama-sama merupakan persilangan antara Singa dan Harimau. Perbedaan Liger dan Tiglon yang paling mudah adalah jika Liger disilangkan dari Singa Jantan dengan Harimau Betina, Tiglon disilangkan dari Singa Betina dengan Harimau Jantan. Selain itu, Liger memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan Singa ataupun Harimau, sementara Tiglon tubuhnya hanya sebesar Harimau saja.
Liger merupakan spesies kucing paling besar di dunia. Bahkan salah satu Liger yang bernama Hercules tercatat oleh Guiness World Record sejak tahun 2007 sebagai kucing terbesar di dunia dengan berat mencapai setengah Ton dan tinggi saat berdiri mencapai 3 meter.
Liger senang berenang seperti karakteristik Harimau, dan sangat sosial seperti karakteristik Singa. Liger hanya hidup di penangkaran, karena memang mereka terlahir di penangkaran, dan kedua induk mereka juga hidup di penangkaran. Meskipun demikian, ada legenda yangmenyebutkan kalau dahulu kala ada Liger yang hidup di alam liar Asia.
Tidak ada satu pun Liger yang berwarna hitam. Liger memiliki pola garis-garis yang samar-samar menyerupai Harimau, tetapi dengan background kecokelatan seperti bulu Singa. Selain itu untuk menghasilkan seekor Liger dengan pola warna ‘putih’ atau lebih tepatnya ‘pucat keemasan’ disilangkanlah seekor Singa dengan Seekor Harimau Putih.
Secara teori, jika Singa Putih di silangkan dengan Harimau Putih maka akan menghasilkan seekor Liger dengan dengan warna yang sangat pucat, atau bahkan dengan pola belang yang sama sekali tidak tampak. Namun sepertinya persilangan itu belum dicoba.
Source: faunague.blogspot.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *